PALU, TONAKODI- Mahasiswi kota Palu meminta calon Walikota Palu untuk lebih serius menangani masalah sampah yang ada di kota Palu.

Gloria (22), mahasiswi semester akhir Universitas Tadulako (Untad) Palu mengatakan, sampah menjadi salah satu masalah yang sangat sulit untuk pemerintah selesaikan. Hal ini bisa dilihat bagaimana kurang tersedianya lokasi pembuangan sampah di tiap-tiap RT/RW.

 “Pemerintah kedepannya harus bisa menyediakan pembuangan sampah-sampah rumah tangga di tiap RT/RW, hal ini sangat penting di terapkan agar masyarakat bisa menjaga pola hidup yang bersih, karena selama ini yang saya perhatikan lokasi pembuangan sampah begitu jauh dari tempat tinggal masyarakat,” ujar Mahasiswi Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik ini.

Ia juga meminta, sosialisasi kebersihan sampah penting dilakukan oleh pihak pemerintah, sebab masyarakat yang tidak tahu-menahu soal kebersihan kota biasanya membuang sampah secara sembarang.

 “ Masyarakat biasa membuang sampah di sungai, pinggir jalan dan tempat terbuka lainnya dan ini sangat mencemari lingkungan, akibatnya jika terjadi hujan deras, banyak sampah yang bertumpukan dalam drainese atau got yang menghalangi aliran air dan itu menyebabkan air meluap membawa sampah sampai di jalan raya. Untuk itu penting memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait kebersihan lingkungan, sembari menyiapkan pembuangan sampah yang lebih banyak dan dekat pemukiman warga” kata Gloria.FELIX-JW RESPECT