PALU, TONAKODI – Seluruh jemaah haji termasuk jemaah haji asal Provinsi Sulteng telah melaksanakan wukuf di Arafah sebagai puncak ibadah haji pada Jumat (8/7/2022).

Di sela-sela pelaksanaan wukuf, salah seorang jemaah haji asal Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) yang tergabung dalam kloter 4 Embarkasi Balikpapan (BPN-4), H. Muh. Zainuddin mendapatkan hadiah umrah gratis dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Babussalam.
Hadiah tersebut diberikan langsung secara simbolis oleh Direktur Utama KBIHU Babussalam, H. Mustamin Umar yang turut mendampingi jemaah haji kloter BPN-4.

Mustamin melalui telepon WhatsApp kepada media ini, Jumat (8/7/2022) menceritakan, dirinya spontan memberikan hadiah tersebut kepada Zainuddin, karena terkesan dengan lantunan azan yang dikumandangkan oleh Zainuddin.

“Saya tertarik dan spontan memberikan hadiah umrah gratis kepada H. Muhammad Zainuddin. Di tengah wukuf beliau melantunkan azan dengan sangat merdu. Seluruh jemaah terharu mendengarnya, dan saya jujur menitikkan air mata mendengar merdunya azan beliau,” tutur Mustamin.
Ia menyebutkan, pemberangkatan umrah gratis tersebut diupayakan pada Januari 2023 mendatang.

“Insyaallah diupayakan berangkat pada pemberangkatan bulan Januari 2023,” kata Mustamin.

H. Muh. Zainuddin merupakan jemaah haji asal Desa Sumber Agung, Kecamatan Mepanga, yang merupakan pengurus Masjid Al-Ikhlas. Ia tergabung dalam kloter BPN-4 bersama jemaah haji asal Provinsi Sulteng.
Mustamin mengungkapkan, pelaksanaan wukuf dimulai pada pukul 12.30 waktu setempat. Khusus kloter BPN-4 yang bertugas pada pelaksanaan wukuf masing-masing khatib H. Riatman Nursin, imam salat H. Mohamad Arfan Hakim, dan pembaca doa H. Mustamin Umar. Usai melaksanakan wukuf, jemaah haji melanjutkan rangkaian ibadah haji dengan melaksanakan mabit di Muzdalifah dan Mina. MS