PALU, TONAKODI.ID – Pihak PLN Area Palu hingga saat ini masih melakukan penelusuran kejadian bocornya limbah solar PLTD Silae ke pemukiman warga Silae.

“Dari kemarin (21/11/2022) hingga hari ini (22/11/2022) kami sedang melakukan penelusuran kejadian bocornya limbah solar ke pemukiman penduduk dan upaya-upaya untuk pembersihannya dan estimasi kerugian dari kejadian tersebut dan nanti akan kami sampaikan informasinya,” ungkap Plt Manajer PLN Area Palu, Natalia Revianto saat dihubungi di Palu, Selasa (22/11/2022).

Anjas, Ketua RT03/RW 03 mengakui ada warganya yang terdampak limbah solar dari PLTD Silae dan pihaknya sudah mengantisipasi dengan meminta warga untuk menggali selokan agar genanngan air limbah tertampung dan tidak mengalir ke laut..

“Kejadiannya kemarin siang (21/11/2022) saat kami baru pulang kerja dan ada laporan dari warga tentang genangan solar dari PLTD Silae. Kami langsung meninjau dan meminta warga untuk menggali agar limbah tidak mengalir ke laut,” kata Anjas.

Menurut Anjas, ada dua rumah warga yang terdampak limbah PLTD Silae dan pihak PLN langsung merespon dengan menggali lubang menggunakan eskavator dan menutupnya.

“Pegawai PLN dari berbagai rayon datang membersihkan limbah solar dan saat ini kondisi sudah teratasi. Kejadian ini pertama kali saat kami menjabat sebagai RT tetapi sebelumnya pernah terjadi beberapa tahun yang lalu. Informasi yang kami terima adanya pencurian kran penutup tabung penampungan limbah sehingga bocor ke lingkungan warga,” ujarnya.MS